Minggu, 05 Februari 2017

Hubungan Gaya Gravitasi dan Berat Benda

Gaya tarik di bulan hanya 1/6 gravitasi bumi, sehingga para astronot seolah-olah terapung seperti tidak memiliki berat badan. Seorang astronot harus menaruh banyak beban di badannya agar dapat berpijak di bulan, seperti ketika ia berada di bumi.



Di Bumi, berat benda akan berubah-ubah tergantung pada ketinggian tempat dimana benda itu berada, bila diukur dari ketinggian permukaan laut ( altitude). Mengapa demikian?
Hal itu terjadi karena berat benda dipengaruhi oleh gaya gravitasi, sedangkan pengaruh gaya gravitasi bumi bergantung pada jarak benda tersebut dari pusat bumi. Sebuah benda yang posisinya tinggi, berarti jarak benda tersebut dari bumi semakin jauh, sehingga gaya gravitasi bumi yang dialaminya semakin kecil, oleh karena itu bila kita ukur berat benda tersebut akan berkurang. 
Berat benda yang sama, bila diukur/ditimbang di kutub dan di daerah katulistiwa(ekuator), akan menunjukkan hasil yang berbeda, karena bumi kita berputar pada porosnya, sedangkan poros bumi berada di sepanjang garis yang menghubungkan kutub utara da kutub selatan. 
Menurutmu, dimana benda tersebut akan menunjukkan angka yang lebih besar saat ditimbang? di kutub? atau di katulistiwa?

Pada benda-benda di equtor, perputaran bumi pada porosnya juga memberikan efek terlempar ke luar dari permukaan bumi, (efek tersebut sama seperti saat kamu memutar air di dalam ember yang penuh, sebagian air akan terlempar keluar ember akibat putaran tersebut) tetapi tidak sampai terlepas dari permukaan bumi karena masih ada gaya gravitasi bumi yang menariknya menuju pusat bumi. Efek terlempar tersebut tidak terjadi di kutub bumi, karena letak kutub bumi dekat dengan poros bumi. 
Akibat efek  lemparan keluar tersebut, gaya gravitasi di ekuator bumi seolah-olah berkurang, sehingga berat benda yang kita rasakan di ekuator akan lebih ringan dibandingkan dengan yang berada di kutub-kutub bumi, dimana efek lemparan keluar tersebut tidak terasa.

Sumber: 
Sri Soeyati dan Agus Salam (2007). Ensiklopedia Fisika gaya Usaha, dan Energi. Jakarta: Ganeca Exact. 

0 komentar:

Posting Komentar