Minggu, 05 Februari 2017

Manfaat Gaya Gravitasi Air dan Banjir

Manfaat Gaya Gravitasi Air dan Banjir
Manfaat Gaya Gravitasi Air dan Banjir

Semua benda yang ada di atas permukaan Bumi memiliki kecenderungan bergerak ke bawah, atau ke tempat yang lebih rendah. Berkat adanya pengaruh gravitasi bumi, air yang berada di pegunungan dapat mengalir ke daerah yang lebih rendah, sehingga kita dapat memanfaatkan air dari daerah pegunungan tersebut. 
Maha Suci Alloh yang telah menciptakan alam semesta dengan mekanisme yang sangat sempurna.
Dengan adanya gaya gravitasi bumi yang mempengaruhi sifat air, sehingga selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah, orang dapat membuat siste pengairan untuk sawah-sawah. Dengan memanfaatkan sifat yang sama sistem drainase (sistem pembuangan air kotor/kelebihan air di lahan pertanian) dibuat. 
Selain memungkinkan manusia membuat sistem pengairan dan drainase, sifat airr yang selalu mengalir ke bawah akibat pengaruh gaya gravitasi juga dapat dimanfaatkan pada pembangkit listrik tenaga air, dimana air dibendung agar dapat dialirkan dari ketinggian, dan menghasilkan tenaga untuk memutar turbin, dan menghasilkan arus listrik.
Mekanisme alam yang sempurna ini harus kita syukuri dengan memanfaatkan alam dengan bijak, jangan sampai kita merusak lingkungan dalam memanfaatkan sumber daya alam.
Jika kita tidak memperlakukan lingkungan dengan baik, kita akan mendatangkan bahaya untuk kita sendiri, salah satu contohnya adalah tindakan membuang sampah sembarangan. Jika kita membuang sampah sembarangan sehingga menutupi tempat-tepat yang seharusnya dialiri air, ha tersebut akan menyebabkan terjadinya banjir.

0 komentar:

Posting Komentar